Pilgub Jatim 2018. Azwar Anas Potensial Dampingi Gus Ipul

Pilgub Jatim 2018. Azwar Anas Potensial Dampingi Gus Ipul Gus Ipul (kiri) dan Azwar Anas (kanan) dalam sebuah acara gerakan Pramuka beberapa waktu lalu. (foto: net)

SURABAYA, Kita Nusantara – Adalah Abdullah Azwar Anas, merupakan nama yang terbilang potensial maju sebagai bakal Calon Wakil Gubernur (cawagub) Jatim 2018. Sosok pria ini memang banyak disorot publik karena memiliki segudang prestasi dalam memimpin daerahnya, Banyuwangi. Malah, dari sejumlah survei, namanya acapkali menduduki posisi tertinggi.

Maka, tak heran jika Wakil Gubernur (wagub) Jatim, Saifullah Yusuf, ‘melirik’ atas sosok pria berkaca ini. Untuk diketahui, Gus Ipul – sapaan akrab Saifullah Yusuf – juga mencalonkan diri menjadi Gubernur pada Pilgub Jatim tahun 2018.

Sinyal ‘ketertarikan’ Gus Ipul terhadap Azwar Anas terbersit saat dirinya dimintai pendapat media, bagaimana jika Azwar mendampinginya dalam Pilkada Serentak terebut.

"Menunjuk ya tentu itu yang akan kita perhatikan. Kita akan sangat pertimbangkan dan selebihnya tentu banyak yang harus difikirkan dalam rangka menentukan calon wakil gubernur," ujar Gus Ipul.

Disamping soal kapabilitas dan akseptabilitas, Gus Ipul menyebut harus ada juga kesepakatan dari partai koalisi jika menggandeng Azwar Anas. Gus Ipul pun mengakui, Azwar Anas merupakan salah satu Bupati yang berprestasi dalam memimpin daerahnya.

"Tapi memang Pak Azwar ini salah satu yang menonjol dan prestasi-prestasinya sangat diperhatikan oleh publik, sehingga di dalam survei nama pak Azwar muncul," ucap Gus Ipul.

Namun, Gus Ipul enggan memberikan kepastian terkait pencalonan Azwar Anas yang mendampinginya pada Pilgub Jatim mendatang.

"Saya belum tahu, saya belum berani jawab, saya belum berani berandai-andai dan sampai sekarang saya belum ditanya oleh PDIP," bebernya.

Sebagai seorang yang telah lama bergelut di dunia politik, Gus Ipul merasa dalam rangka menentukan calon wakil gubernur itu tidak serta merta perlu mempertimbangkan banyak hal. Ditambahkan bahwa saat ini dirinya tengah melakukan sejumlah komunikasi lanjutan dengan partai politik.

"Saya belum bisa memastikan karena politik itu sifatnya dinamis, sekali lagi yang saya lakukan pertama tetap melakukan dan menjaga komunikasi yang ada," sergah Gus Ipul.

Selain itu, perlu mencoba untuk mencocokkan pikiran dan menyamakan visi misi, tambahnya. "Belum bisa memilih karena pertimbangannya banyak," pungkasnya. (cb)