Musim Hujan, Warga Surabaya Nggak Perlu Cemas Banjir

Musim Hujan, Warga Surabaya Nggak Perlu Cemas Banjir Salah satu rumah pompa di Surabaya (foto: ssfm)

Karena Pemkot Surabaya akan menambah enam pompa air dan empat bozem.

SURABAYA, Kita Nusantara – Tidak lama lagi musim hujan bakal tiba dan mengguyur Kota Surabaya. Nah, warga Surabaya nggak perlu cemas bakal mengalami kebanjiran hebat. Ini lantaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah mengantisipasi dengan menambah kapasitas dan memasang pompa baru. Tidak itu saja, Pemkot juga akan membuat bozem alias waduk baru.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pematusan (PUBMP) Kota Surabaya, Erna Purnawati menegaskan, sepanjang 2017 pihaknya telah melakukan penambahan enam pompa dan membangun empat waduk.

"Enam pompa di kawasan Surabaya Barat kami ganti dengan kapasitasnya yang lebih besar," kata Erna, kepada media, Rabu (3/10/2017) kemarin.

Ke-enam lokasi pompa yang kapasitasnya ditambah yakni, Tambak Wedi, Kalisari, Kebun agung, Balong, Greges, dan Kalidami. "Ada satu rumah pompa baru yang kita bangun di Kandangan," tambah Erna.

Selain pompa, pihaknya juga menambah bozem atau waduk untuk menampung air hujan sehingga bisa mengontrol debit air. "Tahun ini ada empat bozem yang kami bangun," ujar Erna.

Upaya lain mengantisipasi musim hujan, lanjut Erna, yakni normalisasi saluran serta pengerukan sungai. Data lumpur sepanjang Januari-September 2017 sebanyak 45 ribu meter kubik dengan mengerahkan 54 alat berat. (iful)