Jelang Penutupan Pendaftaran, Parpol Diingatkan Segera Mendaftar

Jelang Penutupan Pendaftaran, Parpol Diingatkan Segera Mendaftar Ilustrasi KPU (foto: net)

JAKARTA – Untuk kesekian kalinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengingatkan agar partai politik (parpol) segera mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2019. Karena masa pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2019 bakal berakhir dua hari lagi, 16 Oktober mendatang. Hingga kini, baru sepertiga dari total jumlah parpol yang sudah melakukan pendaftaran ke KPU.

"Dari 73 partai itu yang yang secara badan hukum legal dan boleh menjadi peserta pemilu, baru 25 parpol yang input data," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (13/10/2017), seperti dilansir rmol.com.

Arief mengatakan, jumlah parpol yang harus menyerahkan berkas dan berhak mendaftar ke KPU sebanyak 73, berdasarkan sertifikat badan usaha yang dikeluarkan Kementerian Hukum dan HAM. Sampai hari ini baru tujuh parpol yang sudah mendaftar dan menyerahkan berkas dan dilanjutkan proses verifikasi.

"Dari tujuh itu, satu parpol sudah diterima dan yang lain masih perlu melengkapi. Serta beberapa masih diperiksa berkasnya," terang Arief.

KPU mengimbau seluruh parpol segera melakukan pendaftaran, serta tidak disarankan mendaftar di hari terakhir.

"Kita imbau parpol untuk tidak mendaftar di hari terakhir. Karena kalau ada kekurangan persyaratan akan menyusahkan parpol itu sendiri," tegas Arief. (mhf)